Peluang Bisnis Agrobisnis Rumahan Untung Besar

Mengawali sebuah usaha memang tidak harus dengan modal yang besar. Modal yang hanya minim pun juga bisa melakukan sebuah usaha. Salah satu usaha yang bisa dilakukan yaitu usaha agrobisnis. Usaha agrobisnis memang masih asing didengar di sebagian orang. Peluang Usaha Agrobisnis Rumahanadalah solusi terbaik yang perlu dilakukan.

Padahal usaha agrobisnis telah dilakukan banyak orang. Hanya saja istilah agrobisnis ini pun yang masih belum populer di masyarakat. Agrobisnis sendiri merupakan salah satu usaha yang berbasis pertanian maupun sektor lain yang mendukungnya, baik di sector hilir maupun hulu. Negara Indonesia memang sering dikenal sebagai Negara agraris yang memiliki kekayaan alam yang melimpah seperti di bidang pertanian, perikanan, kehutanan dan lain-lain.

Seharusnya negara ini sanggup swasembada pangan dengan baik. Namun, pengelolaan kekayaan alam yang melimpah dalam negeri ini memang belum bisa dioptimalkan sebaik mungkin oleh segenap komponen rakyatnya sehingga Indonesia harus mengimpor pangan dari luar negeri. Berdasarkan dari kenyataan di atas, Lalu peluang usaha agrobisnis apa saja yang bisa dilakukan dirumah? Berikut 2 peluang usaha yang dikutip dari PengusahaSukses.com

Bisnis Tanaman Hias

Usaha tanaman hias merupakan salah satu bisnis yang dapat dikerjakan dekat rumah berdasarkan hobi yang pastinya nanti akan menghasilkan uang yang lumayan besar jika ditekuni secara serius.

Peluang bisnis tanaman hias merupakan peluang usaha yang sayang untuk dilewatkan, di mana sangat potensial dan menjanjikan keuntungan besar karena masih jarangnya para pelaku usaha yang menjalankan usaha ini.

Di tengah maraknya pembangunan perumahan-perumahan baru di perkotaan dan daerah membuat prospek bisnis tanaman hias sangat cerah kedepannya karena sangat dibutuhkan untuk mempercantik halaman rumah. Adapun tanaman hias yang dapat dibudidayakan yaitu jenis bunga seperti bunga Mawar, Angkrek, Daun Cinta, Melati dan tanaman hias dan bunga lainnya. Untuk melakukan usaha ini, Anda hanya memerlukan modal hanya kecil saja, sehingga tak memerlukan modal yang cukup besar.

Bisnis Budidaya Jamur

Jamur merupakan salah satu makanan kesukaan bagi sebagian orang di tanah air. Permintaan akan jamur semakin meningkat setiap harinya. Dan permintaan tersebut belum mampu dipenuhi oleh para produsen jamur. Nah hal inilah memang patut dimanfaatkan sebagai peluang usaha potensial yang sangat menjanjikan keuntungan lumayan besar dan hingga saat ini masih terbuka lebar bagi siapa saja yang berminat terjun ke dalam usaha ini. Keunggulan bisnis budidaya jamur ini sangat mudah dilakukan, bisa dikerjakan di rumah dengan modal minim dibawah Rp.1 juta, dapat panen setiap harinya, masalah pemasaran sangat mudah dilakukan, dan permintaan pasar yang masih sangat besar terhadap jamur membuat usaha ini menjanjikan keuntungan yang lumayan tinggi.

peluang-usaha-agrobisnis-rumahan-dengan-untung-besarUsaha dibidang agrobisnis memang sangat menguntungkan bila dilakukan dengan kerja keras serta pantang menyerah sehingga mampu menuju kesuksesan. Menjalankan usaha di bidang agribisnis dengan modal lahan yang tidak seberapa memang lebih lama atau lebih susah sukses. Hal ini bukan karena bidang agrobisnis ini kurang menjanjikan atau sulit untuk dijalani tetapi lebih karena kemampuan produksi yang bisa dihasilkan dari lahan tersebut. Meski begitu ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan hasil dari usaha tersebut.

Silahkan melihat tips-tips menjalani bisnis agrobisnis lahan sempit yang bisa dilakukan, langsung saja simak ulasan tips-tipsnya di bawah ini :

Gunakan media tanam modern

Kita ingin bergerak di bidang usaha agribisnis namun memiliki kendala dalam hal luas lahan, maka yang bisa kita lakukan adalah dengan memaksimalkan fungsi lahan tersebut. Lalu bagaimana caranya? caranya yaitu bisa melakukan budidaya tanaman menggunakan media tanam non konvensional. Misalnya menggunakan media tanam di polibag, bekas kemasan minuman gelas dan berbagai meida lain untuk alternative media tanam. Dengan memanfaatkan berbagai media tempat penanaman tersebut Anda bisa lebih memaksimalkan fungsi lahan yang sempit. Anda bisa memilih wadah yang paling pas dan cocok sesuai kebutuhan tanaman yang akan kita budidayakan.

Gunakan sistem pertanian vertikultur

Sistem tanam vertikulturyang sangat sesuai untuk diterapkan dalam melakukan budidaya tanaman di lahan yang sempit. Sistem pertanian vertikultur merupakan model penanaman vertikal atau bertingkat dimana lahan yang sempit bisa dimanfaatkan secara lebih optimal. Model penanaman vertikal ini artinya kita menanam tanaman budidaya secara bertingkat menggunakan semacam rak yang disusun bertingkat untuk meletakkan pot atau media lain. Dengan menerapkan sistem penanaman seperti ini Anda bisa melipat gandakan fungsi lahan yang sempit tersebut. Oleh karena itu keterbatasan akan lahan tidak akan lagi menjadi kendala untuk usaha agribisnis yang kita jalankan, contohnya dengan model tanaman verticultur dengan gelas aqua.

Pilihlah bidang agrobisnis yang tepat

Lahan sempit harus kita pertimbangkan juga saat kita hendak menentukan bidang agribisnis yang akan kita jalankan. Perlu Anda ingat bahwa argibisnis ini bukan hanya terbatas pada sektor budidaya tanaman tetapi ada beberapa bidang lain yang juga bisa kita coba. Beberapa bidang agribisnis untuk usaha yang bisa kita pertimbangkan antara lain bidang budidaya tanaman, budidaya ternak, budidaya benih dan sebagainya.

Demikianlah peluang usaha agrobisnis rumahan untung besar yang bisa dilakukan. Semoga dengan adanya informasi yang kami berikan diatas bisa berguna dan membawa manfaat bagi pembaca. Peluang diatas memang bisa dijadikan sebagai pilihan usaha yang patut dicoba dijalankan.

Selamat mencoba berwirausaha dan semoga sukses. Terima kasih.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.